Penyakit Hashimoto

Deskripsi
Penyakit Hashimoto adalah suatu kelainan yang mempengaruhi tiroid, kelenjar kecil yang terletak di pangkal leher, di bawah jakun. Kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin, yang menghasilkan hormon yang mengkoordinasikan kegiatan tubuh.

Dalam penyakit Hashimoto, juga dikenal sebagai tiroiditis limfositik kronis, sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar tiroid. Peradangan yang dihasilkan sering menyebabkan kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme).

Gejala
Penyakit Hashimoto tidak memiliki tanda-tanda dan gejala yang unik.Penyakit biasanya berkembang perlahan-lahan selama beberapa tahun dan menyebabkan kerusakan tiroid kronis yang mengakibatkan penurunan kadar hormon tiroid dalam darah. Tanda-tanda dan gejala terutama orang-orang dari kelenjar tiroid kurang aktif (hipotiroidisme).

Tanda-tanda dan gejala hipotiroidisme sangat bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan kekurangan hormon. Pada awalnya, mungkin gejala jarang terlihat, seperti kelelahan dan kelesuan, atau tanda-tanda menua. Tetapi semakin lama penyakit berlangsung, gejala dan tanda makin jelas. Tanda dan gejala tersebut meliputi:
* Kelelahan dan kelesuan
* Meningkatkan sensitivitas terhadap dingin
* Sembelit
* Kulit pucat, kulit kering
* Wajah bengkak
* Suara parau
* Tingkat kolesterol darah tinggi
* Nyeri otot, kelembutan dan kekakuan, terutama di bahu dan pinggul
* Sakit dan kekakuan pada sendi dan bengkak pada lutut atau sendi kecil di tangan dan kaki
* Kelemahan otot
* Perdarahan menstruasi yang berkepanjangan (menoragia)
* Depresi

Pengobatan
Pengobatan untuk penyakit Hashimoto dapat mencakup pengamatan dan penggunaan obat-obatan.

Jika penyakit Hashimoto menyebabkan kekurangan hormon tiroid, penderita mungkin memerlukan terapi penggantian hormon tiroid. Hal ini biasanya melibatkan penggunaan sehari-hari dari hormon tiroid sintetis levothyroxine (levothroid, Levoxyl, Synthroid). Levothyroxine sintetis identik dengan tiroksin, versi alami hormon ini dibuat oleh kelenjar tiroid. Obat telan mengembalikan kadar hormon yang memadai dan membalikkan semua gejala hipotiroidisme.

Sumber: disarikan dari mayoclinic.
(tbs/tbs)