Tips Menyingkirkan Bau Badan

Seseorang yang mengalami bau badan (BB), tak selalu berarti dia jorokdan malas mandi. Karena memang, ada orang yang produksi kelenjar keringatnya berlebihan sehingga tubuhnya mengeluarkan bau kurang sedap, meski sudah mandi berkali-kali.

BB biasanya disebabkan oleh bakteri aktif yang terdapat di kelenjar
keringat yang mengering di kulit dalam jangka waktu beberapa jam. Pada dasarnya manusia memiliki dua jenis kelenjar, yaitu:

1. Kelenjar Accrine. Kelenjar ini lebih banyak mengeluarkan cairan yang mengandung air dan tidak berbau. Fungsinya untuk menurunkan kondisi tubuh di waktu tertentu.

2. Kelenjar Apocrine. Kelenjar ini aktif sejak masa puber dan ditemukan pada bagian-bagian tubuh yang ditumbuhi rambut, misalnya ketiak dan bagian genital. Kelenjar ini mengeluarkan protein dan lemak, yang berperan besar dalam menimbulkan bau badan. Orang-orang yang memiliki kelenjar apocrine lebih besar, akan dihuni lebih banyak bakteri, sehingga bisa menimbulkan BB. Kelenjar apocrine bisa jadi lebih efektif dan produktif saat seseorang sedang mengalami stres. Akibatnya, BB semakin parah.

Kegemukan juga bisa memicu terjadinya BB. Pada orang gemuk, keringat cenderung terperangkap di antara lipatan-lipatan kulit. Begitu juga bila Anda terlalu banyak menyantap makanan berprotein tinggi, seperti daging kambing, durian, bawang goreng, merokok, minuman keras dan mengonsumsi obat antibiotika.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan atau menyamarkan bau badan tidak sedap, diantaranya:

1. Mandi secara teratur, terutama setelah mengeluarkan banyak keringat.

2. Gunakan sabun mandi yang mengandung antiseptik atau bahan yang dapat menbantu menghilangkan bakteri.

3. Gunakan deodoran.

4. Selalu menjaga kebersihan dan banyak minum air putih agar keringat menjadi lebih cair dan bau badan berkurang.

5. Perbanyak konsumsi buah dan sayur.

6. Jika memungkinkan, hindari pengeluaran keringat yang berlebihan dengan cara memasang kipas angin atau AC dalam ruangan.

7. Hindari membiarkan keringat mengering di tubuh dalam jangka waktu lama.

8. Setelah mandi, lap tubuh sampai kering.

9. Bila musim kemarau, kenakan pakaian yang nyaman dan hindari
menggunakan pakaian yang terbuat dari nilon, karena dapat menangkap panas dan lembab.

10. Konsultasikan dengan dokter bila bau badan berkepanjangan.

Suaramerdeka