Kota Mekah Akan Dijadikan Kota Paling Maju di Dunia

Bersyukur karena Mekah ada di wilayahnya. Pemerintah Saudi bertekad menjadikan Mekah sebagai kota yang paling indah, sekaligus maju di dunia

Gubernur Mekah, Pangeran Khaled Al-Faisal menyatakan, dipandang perlu membuat Mekah menjadi salah satu kota yang paling indah, bersih, beradab, dan maju di dunia.

Ketika meresmikan ajang kompetisi pertama untuk memperindah kota Mekah di Hotel Park Hyatt di Jeddah, ia mengatakan bahwa pemimpin Saudi bertekad menjadikan Mekah sebagai salah satu kota yang paling maju dan indah di dunia.

Sejumlah seniman, konsul jenderal, pengusaha, pejabat pemerintah, dan awak media, menghadiri acara yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Mekah tersebut.

"Strategi pembangunan kota Mekah telah menjadi jantung dari Rencana Pembangunan Lima Tahun Kerajaan," kata Pangeran Khaled, sebagaimana dikutip Arab News (5/1).

"Jika Mekah tidak berada di sini, maka wilayah ini tidak akan mendapatkan posisi penting dalam bidang politik dan kebudayaan dunia seperti (sekarang) ini," tambahnya.

Ia mengatakan bahwa semua inisiatif dan rencana pembangunan untuk Mekah berkaitan dengan keberadaan Ka'bah.

"Kami merasa terhormat (bisa) melayani Baitullah dan kami memiliki tanggung jawab untuk membangun Mekah dan memastikan adanya kedamaian dan keamanan bagi kenyamanan para peziarah yang datang dari seluruh penjuru dunia," katanya.

Ia memerintahkan semua pihak terkait untuk mengupayakan hal itu terwujud, termasuk seniman dan pengusaha agar memberikan andil menjadikan Mekah sebagai kota yang indah.

Walikota Mekah, Usamah Al-Bar, mengatakan bahwa persiapan penyelenggaraan kompetisi pertama memperindah kota Mekah, untuk mewujudkan rencana Mekah sebagai keunggulan dunia Islam. Proyeknya selama dua tahun.

Ia mengatakan, pemerintah kota ingin memastikan adanya peran serta dari sejumlah besar seniman yang berasal dari negara-negara Arab dan Islam untuk mengikuti kompetisi itu, seraya menambahkan bahwa ajang kompetisi tersebut akan dipublikasikan di media-media internasional.

Menjelaskan tentang tujuan dari kompetisi, Al-Bar mengatakan, untuk memperindah Mekah dengan menjadikannya museum bagi karya-karya besar Islam.

"Kompetisi itu juga menjadi sebuah kesempatan bagus bagi para seniman Muslim di seluruh dunia untuk menunjukkan keahlian mereka," kata walikota Mekah itu.

Ia mengatakan, kompetisi juga bertujuan menyebarkan seni dengan menunjukkan warisan-warisan karya seni Mekah. Para peserta juga bisa saling berbagi pengalaman dan keahlian.

Hadiah senilai 300.000 dollar akan diberikan kepada para pemenang, kata Taha Sabban, seorang artis yang terlibat sebagai panitia penyelenggara. Dan hasil karya para peserta akan dipamerkan di 12 lokasi di kota itu.

Sumber:http://www.hidayatullah.com