Foto-Foto Pemenang Kompetisi Fotografi Internasional Tentang Burung Paling Langka Di Dunia


Kompetisi ini dimulai pada 2010, yang bertujuan untuk mengamankan gambar-gambar dari 566 burung yang paling terancam punah di Bumi untuk sebuah buku baru yang berupaya untuk menyoroti penderitaan mereka.
Kompetisi Fotografi Internasional untuk foto-foto burung paling langka di Dunia oleh World's Rarest Birds project diumumkan bulan lalu.

Kompetisi ini dimulai pada 2010, yang bertujuan untuk mengamankan gambar-gambar dari 566 burung yang paling terancam punah di Bumi untuk sebuah buku baru yang berupaya untuk menyoroti penderitaan mereka.

Ribuan gambar yang dimasukkan ke dalam kompetisi dan ratusan diantaranya akan ditampilkan dalam The World's Rarest Birds yang akan diterbitkan pada tahun 2012.

Keuntungan dari penjualan akan masuk ke BirdLife International's Preventing Extinctions Programme untuk membantu mendukung proyek konservasi di seluruh dunia.



Pemenang Pertama - Kritis atau terancam punah di alam liar kategori: Kakapo oleh Shane McInnes


Kakapo adalah seekor burung beo besar dari Selandia Baru dan salah satu burung paling langka dari semua burung, dengan hanya 124 burung yang masih hidup hari ini.

Penyebab utama untuk penurunan populasinya adalah karena predasi oleh mamalia, khususnya kucing liar.



Pemenang Kedua - Kritis atau terancam punah di alam liar kategori: Merganser Brasil oleh Savio Freire Bruno


Seekor bebek pemakan ikan yang jumlahnya tinggal sedikit di sungai berarus deras di Brazil dan Argentina tenggara.

Populasi kurang dari 250 individu dan terus menurun, penyebab utama bagi penurunan populasi adalah karena perubahan aliran air dan pencemaran



Pemenang Ketiga - Kritis atau terancam punah di alam liar kategori: Burung Cikalang Pulau Christmas oleh David Boyle


Seekor burung laut besar yang hanya berkembang biak di Pulau Christmas di Samudera Hindia. Populasinya tinggal sekitar 1.220 pasang, dan terus dalam penurunan, sebagian besar dalam koloni tunggal.

Ancaman utama bagi kelangsungan hidup mereka karena kehilangan pohon-pohon untuk berkembang biak dan polusi yang disebabkan oleh pertambangan fosfat, siklon, dan mungkin semut kuning



Pemenang Keempat - Kritis terancam atau punah dalam kategori liar : Anak burung hantu hutan oleh Jayesh K Joshi


Spesies ini memiliki populasi kecil, yang diketahui kurang dari 10 lokasi baru-baru ini di India tengah. Penurunan populasi ini dimungkinkan akibat dari hilangnya habitat hutan gugur sebagai tempat perkembang baiakannya.



Pemenang Pertama - Kategori terancam punah atau kekurangan data: Ibis jambul Asia oleh Min Li Quan


Seekor burung air berukuran sedang yang pernah dibesarkan di Rusia, Jepang dan Cina, tetapi mengalami kemerosotan populasi dalam jumlah besar.

Sekarang dibatasi untuk provinsi Shaanxi di Cina daratan tengah, di mana hanya 250 burung yang masih ada, meskipun populasi secara perlahan mulai meningkat sebagai hasil dari tindakan konservasi.

Alasan utama untuk penurunan yang mungkin terkait dengan hilangnya tempat mencari makan yang sesuai karena perubahan dari padi yang tumbuh kering serta produksi gandum.



Pemenang Kedua - Terancam atau data kategori kekurangan data: Bangau mahkota merah oleh Huajin Sun


Seekor burung bangau yang sangat besar yang berkembang biak di timur Rusia dan Cina, dan di Jepang. Populasinya saat ini jumlahnya hanya 1.700 burung dewasa dan terus menurun karena hilangnya dan degradasi lahan basah melalui konversi untuk pertanian dan pembangunan industri



Pemenang Keempat - Kategori terancam punah dan kekurangan data: Great Bustard India oleh Csaba Barkóczi


Penurunan populasi spesies ini di India pusat dan utara-timur terancam karena perburuan dan pembangunan pertanian.



Pemenang Pertama - Kategori kritis terancam punah burung migran: Beo Orange-bellied oleh David Boyle


Seekor burung beo kecil yang hanya berkembang biak di daerah kecil di Tasmania barat dan bermigrasi ke daerah pantai di Australia selatan-timur di musim dingin.

Populasi liar mungkin kurang dari 150 ekor dan terus menurun mungkin disebabkan oleh hilangnya habitat musim dingin yang membuat burung ini bisa bertahan, sebagai akibat dari pertanian dan pembangunan perkotaan dan industri.

Sumber :
danish56.blogspot.com