Mini Cooper Versi Audi....!

Tren mobil kecil (mini) akan terjadi di tahun 2010. Di tahun macan ini, Audi pun tak mau ketinggalan dalam mempersiapkan mobil mini terbaru mereka, A1 yang mirip dengan MINI Cooper.

A1 yang didesain oleh Audi AG Project Designer divisi Exterior Design Dany Garand ini muncul pertama kali di ajang 2007 Tokyo Motor Show masih dalam sebatas konsep yang diberi nama Audi Metroproject Quattro. Mobil yang ditargetkan untuk konsumen muda ini kemudian diputuskan Audi untuk diproduksi massal.

Untuk varian bensin, Audi akan memproduksi mesin 1.2 liter bertenaga hingga 86bhp. Sementara varian 1.4 liter bensin dengan semburan tenaga mencapai 122bhp. Sedangkan varian diesel menyandang mesin 1.6 liter common rail injection dan varian tertinggi 2.0 liter common rail injection dengan tenaga 90bhp.

Tampilan luar mobil ini cukup tegas, dipadukan dengan garis-garis atap yang melengkung bergaya sporti dengan gril ekstra besar, menyiratkan kekuatan dapur pacunya. Saat masih bernama Audi Metroproject Quattro, mobil ini memiliki dimensi panjang 3,9 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi 1,4 meter. Jarak sumbu roda mobil ini 2,6 meter.

Audi bahkan resmi menggandeng pangeran pop Justin Timberlake sebagai duta (ambassador) A1. “Justin Timberlake adalah seorang seniman yang luar biasa. Ia mempu membagi waktu untuk meningkatkan kreativitasnya dengan kesibukannya sebagai penyanyi profesional," ujar Anggota Dewan Manajemen Marketing dan Sales Audi Peter Schwarzenbauer.

Harganya diperkirakan dikisaran US$25 ribu atau sekitar Rp 232,5 juta. Audi berharap bisa menjual 80 ribu sampai 100 ribu unit per tahun. Menurut Audi, mobil terbarunya akan hadir dengan standar baru dalam kualitas, teknologi dan desain. Lewat keunggulan itu, pabrikan bermarkas di Ingolstadt, Jerman ini yakin A1 bisa diserap kalangan anak-anak muda.

Saat ini keberadaan A1 sengaja dibuat misterius. Bahkan sebelum foto-fotonya resmi disebarluaskan, tepatnya di akhir Februari 2010, Audi akan melepas sebuah media online yang secara detil menjelaskan nilai-nilai penting yang dimiliki A1. Pelepasan Audi A1 secara premier rencananya akan dibarengi dengan berlangsungnya Geneva Auto Show (Maret 2010).


Sumber:inilah.com