Para Ilmuwan Umumkan Planet Pengganti Bumi

Ilmuwan sedang dalam perjalanan untuk menemukan ribuan planet baru, termasuk ratusan yang seukuran bumi. Mereka berharap untuk mencapai tujuan itu dalam waktu tiga tahun. Tapi mereka akan mulai dengan dunia yang aneh.

Ilmuwan menggunakan wahana paling canggih untuk berburu planet, satelit COROT European Space Agency dan pesawat ruang angkasa NASA Kepler.

Ilmuwan Kepler akan mengumumkan hasil resmi pertama bulan depan, dan diharapkan akan mengungkap "hot Jupiters" dan "super-Bumi" berputar-putar begitu dekat dengan bintangnya.

"Aku mengantisipasi sesuatu yang akan kita lihat bersama," kata David Latham, co-penyelidik misi di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics. "Ada beberapa hal-hal baik akan datang."

Penyelidik utama Kepler, William Borucki dari Ames Research Center NASA mengharapkan tim sains akan mepresentasikan sekitar 30 makalah bulan depan di pertemuan American Astronomical Society di Washington.

"Kami memiliki planet untuk diumumkan, dan kami akan memiliki planet untuk diumumkan tahun depan, pada kenyataannya lebih banyak lagi," katanya.

Borucki mengatakan beberapa hasil ditolak oleh Kepler karena sangat tidak biasa dan dia tidak tahu kapan tim akan siap untuk mengungkap ke publik.Latham mengatakan pengumpulan data selama 45 hari pertama mendapat sekitar 200 sasaran yang menarik.

Sumber:inilah.com