Motor Kursi Roda untuk Orang Lumpuh

Bila selama ini para pengguna kursi roda hampir tidak mungkin untuk mengendarai sepeda motor, kini harapan tersebut bisa terwujud dengan kehadiran MobilityWorks, sebuah perusahaan asal Inggris.

Mereka akan membawa beberapa sepeda motor kursi roda ke Akron, Ohio, Amerika, yang nantinya diperuntukan bagi para pengguna kursi roda yang kakinya lumpuh.

Hasil modifikasi BMW, sepeda motor kursi roda ini memungkinkan sebuah kursi roda untuk dipasangkan pada motor, dengan sistem kunci, sehingga pengendara yang lumpuh bisa mengendarai motor tanpa perlu turun dari kursi roda.

Pada bagian belakang sepeda motor tersebut, terdapat sebuah rel elektronik yang akan menjepit kursi roda sebagai pegangan pada sepeda motor. Motor ini pun sanggup berlari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 7,6 detik.

Nantinya, pengendara akan duduk lebih tinggi daripada tinggi standar motor, dan perpindahan giginya bisa dilakukan secara elektronik melalui sebuah tombol push-cluster di bawah grip stang sebelah kiri.

Seperti dilansir autoevolution, Kamis (7/1/2010) 4 unit pertama sudah didatangkan pekan lalu, kemudian 3 unitlagi menyusul dalam waktu dekat, dengan total unit keseluruhan mencapai 45 unit sepeda motor kursi roda untuk Amerika.

Unit-unit tersebut akan didistribusikan ke jaringan mobilitas van diler resmi di seluruh negara bagian, dengan pembuatan akhirnya diselesaikan oleh Divisi Manufaktur MobilityWorks Komersial.

"Kami sangat bersemangat untuk memiliki ini di showroom kami. Ini seperti solusi unik untuk orang-orang di kursi roda," ujar General Manager MobilityWorks Brian Austin.

Mereka pun sudah menyiapkan ruang khusus untuk memajang sepeda motor kursi roda tersebut di ruang pamer diler, sehingga publik bisa segera melihatnya.

Sumber: Detik.com