Tips dan Trick Jika Handphone Anda Terjatuh

Handphone jatuh tentunya bukan masalah baru, dan biasanya hal itu terjadi karena unsur ketidaksengajaan. Terjatuhnya handphone bahkan bisa menjadi masalah permanen, apalagi jika terjadi berulang-ulang.


Beberapa produsen handphone tercatat pernah mengeluarkan seri yang tahan guncangan atau benturan, namun tentu saja ada batas ketinggian. Namun, seberapa banyak handphone dengan fitur seperti itu? Perbandingannya tentu saja jauh, bahkan handphone tahan banting bisa dihitung dengan jari. Lantas, apa yang seharusnya dilakukan kalau handphone Anda terjatuh?


artikel tips dan trik

    * Bila handphone jatuh dengan posisi bagian-bagiannya terlepas. Cobalah untuk memasangnya lagi dan menghidupkannya.Namun jika handphone jatuh dan masih dalam keadaan utuh dan tak terlepas, cobalah goyang-goyangkan handphone, jika tidak terdengar bunyi dari dalam handphone berarti tidak ada komponen yang lepas, maka handphone cukup aman untuk dinyalakan kembali.
    * Setelah dihidupkan, coba gunakan untuk menelpon, sehingga bisa diketahui apakah terjadi gangguan pada proses koneksinya atau tidak.

    * Jika terjadi gangguan pada proses koneksi atau tidak bisa untuk menelpon, maka cobalah untuk melepas casing dan periksa apakah baterai sudah pada posisi yang betul serta tidak bergeser dengan konektornya.
    * Setelah dirasa posisi baterai benar maka coba hidupkan kembali.

    * Bila masih belum juga hidup maka telah terjadi beberapa kerusakan yang berarti pada handphone tersebut.

    * Kerusakan bisa terjadi pada LCD pecah atau lepas dari sambungan koneksinya.
    * Bisa juga pada skrup-skrup yang mengunci mainboard dengan komponen lain. Apabila posisi mainboard tidak kuat bisa menyebabkan gangguan koneksi.

    * Untuk lebih amannya jangan coba-coba untuk melakukan perbaikan sendiri bila kurang menguasai komponen-komponen handphone, untuk menghindari makin rusaknya kondisi handphone. Bawa handphone pada service center, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    * Meskipun handphone telah mendapat servis dari service center, beberapa ponsel yang sudah pernah jatuh mungkin masih memiliki masalah, kadang sering hang atau mati sendiri. Jika hal itu terjadi, sebaiknya cepat-cepat dijual sebelum kerusakan makin parah.

Namun demikian, perlu diingat bahwa menjaga handphone supaya tidak jatuh tetap mutlak diperlukan. Atau agar aman, gunakan casing yang bisa meredam benturan. Karena mencegah lebih baik daripada membeli baru.