Download dengan LTE HSPA Bisa Capai 650Mbps

Nokia Siemens Networks (NSN) mengatakan kecepatan unduh dari sebuah perangkat ponsel dapat mencapai 650 Mbps. Menurutnya, kehadiran standar HSPA yang mampu mewujudkan kecepatan tersebut dan T-Mobile AS. Teknologi LTE (long term evolution) HSPA pada layanan mobile broadband akan memungkinkan kecepatan sesuai yang dijanjikan LTE Advanced.

Download dengan LTE HSPA Bisa Capai 650Mbps

NSN juga menuturkan bahwa standarisasi teknologi tersebut bertujuan untuk membuatnya tersedia untuk digunakan secara komersial pada tahun 2013. Fitur kunci yang diusung LTE HSPA diterima pada rapat pleno 3GPP RAN yang digelar 7-10 Desember 2010 silam.

"Kami sangat yakin untuk melanjutkan evolusi HSPA secara paralel dalam rangka pengembangan LTE dan LTE Advanced lebih lanjut," kata Neville Ray, chief technology officer T-Mobile USA, seperti dikutip VIVAnews dari Cellular News, Kamis 16 Desember 2010.

"Evolusi LTE HSPA akan memungkinkan kami (T-Mobile) untuk meningkatkan kemampuan broadband 4G pada jaringan selular, di luar kemampuan jaringan yang ada saat ini. Kami ingin memberikan ruang pertumbuhan yang cukup dan menambah kecepatan sesuai permintaan pelanggan yang tinggi terhadap kebutuhan data," tandasnya.

Platform RAN (Radio Access Network) besutan NSN telah disiapkan untuk evolusi LTE HSPA. Operator-operator akan merasakan evolusi yang halus ketika menangani tingginya trafik pada jaringan dengan biaya yang terkendali. Selain itu, untuk diketahui, semua evolusi LTE HSPA dapat kompatibel dengan tingkat sebelumnya dan juga beroperasi bersamaan dengan WCDMA dan HSPA pada operator yang sama.

Di Indonesia, Ericsson baru-baru ini melakukan demonstrasi teknologi 4G LTE. Dalam uji coba tersebut, teknologi 4G Ericsson memungkinkan kecepatan unduh hingga 80-90Mbps dan unggah 20Mbps.

Jangan Lewatkan Artikel Menarik di Bawah ini