Cara Mengobati Rambut Rontok Saat Hamil

Mengobati rambut rontok saat hamil umumnya dibutuhkan ibu yang kekurangan vitamin maupun mineral. Kerontokan sendiri bukan hal baru di sini, karena cukup banyak dampak hormonal yang terjadi dalam kehamilan. Namun, sebenarnya kerontokan rambut akan segera sembuh pada 3 bulan pasca melahirkan, karena hormon tubuh kembali normal, dan kadar estrogen dalam tubuh akan segera bergerak cepat untuk menghentikan kerontokan rambut.


Kalaupun Anda dapat mengobati rambut rontok saat hamil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna mencegah kerontokan.
  1. Konsultasi pada dokter Anda, cek level hormon Anda, apakah besar kemungkinan Anda mengalami kerontokan rambut yang parah ?
  2. Jangan mengikat rambut terlalu keras, mem-blow, mengeriting atau kegiatan salon lain yang dapat membuat rambut Anda rontok.
  3. Pastikan Anda memakai produk untuk rambut yang mengandung Biotin dan Silica. Perbanyak makan vitamin seperti Vitamin B komplek, Vitamin E dan Zat Besi.
Di samping itu, pola hidup sehat merupakan cara termudah untuk mengobati rambut rontok saat hamil. Misalnya dengan menjalani diet yang seimbang, olah raga teratur, tidur cukup dan menghindari junk food serta perawatan rambut berbahan kimia yang terlalu berlebihan. Asupan yang cukup berupa protein, kalsium, yodium, magnesium, selenium dan zat besi sangat penting untuk rambut Anda.

Selain pola makan, memijat kulit kepala juga dapat mengobati rambut rontok saat hamil. Dengan menggunakan minyak aroma terapi, pengobatan dapat berjalan efektif, karena pijatan membuat darah terstimulasi ke kepala, dan dapat menghentikan kerontokan. Pilih juga minyak aroma terapi yang sesuai dengan jenis rambut Anda demi memberikan hasil maksimal. Selain itu, Anda juga bisa mencoba bahan-bahan alami untuk memijat, seperti lidah buaya.

Langkah selanjutnya dalam mengatasi rambut rontok saat hamil adalah olah raga. Aktivitas ini punya peran cukup besar menghentikan kerontokan, karena berolah raga membuat sirkulasi darah lancar, dan menyehatkan seluruh organ tubuh. Kondisi tubuh seperti ini tentu akan berdampak positif bagi rambut Anda. Sebagai pamungkasnya, tidur yang cukup harus ditempuh demi mencapai rambut sehat.
Cara-cara di atas merupakan cara termudah yang dapat Anda lakukan, pun tidak memiliki efek samping. Sebaliknya, usaha mengatasi rambut rontok saat hamil tersebut tak hanya memberikan kesehatan bagi rambut, tapi juga bagi tubuh Anda.
Sumber: http://bayidanibu.blogspot.com/2010/12/cara-mengobati-rambut-rontok-saat-hamil.html