Gua Kristal yang Cantik Tapi Mematikan

Cueva de los Cristales (Cave of the Crystals) atau gua kristal, adalah sebuah gua yang terdapat di daerah Naica Mine, Chihuahua, Meksiko. Gua tersebut mengandung kristal selenit raksasa, dan beberapa merupakan kristal alami terbesar di dunia. Kristal terbesar berukuran 11 m (36 feet), diameter 4 m (13 feet) dan beratnya 55 ton. Ukuran guanya sendiri sekitar 30 m panjangnya, lebar 10 m dan berada di kedalaman 300 m di bawah tanah. Gua ini ditemukan pada tahun 2000 oleh para penambang yang menggali terowongan baru bagi perusahaan pertambangan Industrias PeƱoles yang terletak di Naica, Meksiko.

Suhu dalam gua panas, 43 °C (109 °F) dengan kelembabpan 90-100%. Suhu yang panas ini dikarenakan posisi gua yang dekat dengan saluran magma. Gua ini sendiri relatif tidak dapat dikunjungi, karena tanpa peralatan khusus, manusia hanya bisa hidup 10 menit di kondisi ini dan 45 menit dengan menggunakan peralatan khusus. Selain suhu, bahaya yang mengancam adalah apabila kita salah jatuh dan terpeleset maka bisa saja tertusuk oleh kristal yang tajam dan mati.






















Kristal gua terbentuk karena ada dapur magma bawah tanah di bawah gua. Magma yang memanaskan air tanah dan menjadi jenuh dengan mineral, termasuk sejumlah besar gips. Ruang rongga gua itu diisi dengan air panas mineral yang kaya dan tetap penuh selama sekitar 500.000 tahun. Selama waktu ini, suhu air tetap sangat stabil di atas 50 ° C. Hal ini memungkinkan kristal mikroskopis untuk terbentuk dan tumbuh. Mereka terus tumbuh sampai ukuran besar.

Sumber:http://wisbenbae.blogspot.com/2010/06/gua-kristal-yang-cantik-tapi-mematikan.html